Jadi Mahasiswa Kupu-kupu? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Meningkatkan Skill dan Pengalaman


UNSERA

Sebagai mahasiswa, mengikuti kegiatan di kampus seperti UKM ataupun Organisasi mahasiswa tentunya penting untuk keberlangsungan hidup. Mengikuti kegiatan tersebut dapat mengembangkan skills, memperluas pengalaman dan pertemanan, yang tentunya penting juga untuk memperindah CV nantinya. Tapi gimana nasib mahasiswa yang memutuskan untuk nggak bergabung dalam kegiatan manapun alias mahasiswa kupu-kupu? Nanti dia “kalah” dong sama mahasiswa lainnya?

jawabannya.. bisa iya, bisa juga tidak, genk.. kalian setuju kan bahwa aktif di kampus akan memberikan banyak manfaat. Namun banyak mahasiswa yang tidak ikutan dikarenakan beberapa alasan, seperti:

“kegiatannya ga sesuai minat”  hayo siapa yang begini? Udah coba semua kegiatan kampus? Tapi genk… nyatanya, memang pilihan kegiatan di perguruan tinggi terbatas. Tapi kalian bisa kok jadi pionir kegiatan yang kalian mau, asal konsisten aja hehehe…

“Rumahnya Jauh banget, tua di jalan”, “kalo capek-capek nanti sakit” siapa yang beralasan seperti itu? Atau bahkan ada mahasiswa yang punya prioritas lain seperti harus membantu orang tua, jaga adik, dan lain sebagainya. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika kondisinya seperti itu? Yang jelas, jangan menyerah dengan keadaan ya genks! Kalian bisa tetap bisa mengembangkan skills, memperluas pengalaman dan pertemanan dan memperindah CV dengan;

  1. Menjadi Volunteer

Serapeeps bisa menjadi sukarelawan. Banyak Gerakan sukarelawan yang bisa kalian ikuti baik yang bersifat rutin, seperti mengajar anak jalanan tiap minggunya maupun sukarelawan yang sifatnya situasional, misalnya menjadi kepanitiaan kegiatan amal atau panitia konser. Kegiatan ini biasanya tidak menghabiskan banyak waktu dan bisa disesuaikan.

  1. Ikut kegiatan di luar kampus

Terutuk serapeeps yang kurang cocok sama kegiatan di kampus, kamu bisa cari kegiatan di luar kampus yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Mulai dari komunitas hobi hingga kegiatan disekitar lingkungan tempat tinggal seperti karang taruna. 

  1. Ikut kepanitiaan

Ini cocok banget buat kamu yang bosenan! Karna jangka waktu kepanitiaan biasanya tidak terlalu lama. Kamu bisa menjadi panitia acara baik di kampus maupun di luar kampus. Cari organisasi yang akan melaksanakan acara dan daftar ketika ada open recruitment untuk panitia, gimana, easy kan?

  1. Magang dan aktivitas lain saat liburan

Buat serapeeps yang takut terganggu kuliahnya karena kegiatan lain, kamu bisa coba tips ini. Mengikuti aktivitas saat liburan mulai dari magang, workshop, atau mengikuti kompetisi. 

  1. Berwirausaha

Mencari pengalaman dan mengasah skills tidak terbatas hanya dengan kegiatan dan organisasi saja. Namun bisa juga dengan menjadi entrepreneur muda. Jangan takut gagal membangun sebuah usaha, justru jatuh bangunnya menjalankan usaha tersebut merupakan pengalaman yang berharga.

Serapeeps, yang terpenting adalah memiliki komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan diri, terlepas dari apakah terlibat dalam kegiatan kampus atau tidak. Poin-poin di atas memberikan beberapa alternatif bagi para “kupu-kupu” untuk meningkatkan skill, memperluas pengalaman, dan memperindah CV mereka dengan cara yang sesuai dengan minat dan situasi pribadi. Selalu ingat bahwa setiap langkah yang diambil akan membangun perjalananmu sendiri dan membawa manfaat di masa depan. 


Accessibility Toolbar