CERITA ZALFA: DOUBLE DEGREE KE NEGERI TIRAI BAMBU


UNSERA

Peribahasa “carilah ilmu sampai ke negri China” menjadi kenyataan bagi Zalfa Febri Liani. Zalfa merupakan mahasiswi program studi Manajemen Keuangan Universitas Serang Raya. Selama tiga tahun, ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program beasiswa double degree di Wuhu Institute of Technology China.

Zalfa berada di China sejak Mei 2023. Budaya yang berbeda menjadi tantangan utama baginya. “Mereka sarapan hanya dengan roti saja, lalu cita rasa masakan mereka yang terkesan hambar menurut saya. Terlebih mereka lebih banyak menuangkan minyak untuk masakan, dan menurut saya juga, harga-harga sayur di sini lebih murah” jelasnya.

Selama menjalankan program ini, Zalfa tinggal di asrama kampus dengan fasilitas asrama yang lengkap dan suasana yang nyaman. Bersama dua temannya, Luthfi Afifazhar dan Hilwatul Imani serta mahasiswa internasional dari berbagai negara, seperti Pakistan, Maroko dan Bangladesh.

“untuk situasi yang saya temui, masyarakat disini sangat welcome dengan kita, terlebih mereka sangat senang sekali bertanya asal negara kita dan tentang kampus kita” imbuhnya.

Selama berada di China, banyak kegiatan yang dinikmati oleh Zalfa dan teman-teman, baik kegiatan akdemik maupun non-akademik seperti festival lokal. “mereka sendiri pun mempunyai banyak festival salah satunya festival teh lalu festival perahu naga.” Ujar mahasiswi angkatan 2020 ini.

Mengeksplor dunia perkuliahan di luar negri memberikan peluang untuk menjelajahi budaya baru dan mempelajari bahasa baru. “harapan saya disini bisa belajar bahasa mereka dengan baik lalu lulus dengan nilai yang baik, agar dapat saya manfaatkan untuk masa depan saya, entah itu untuk tenaga pendidikan maupun untuk perusahaan” pungkasnya.


Accessibility Toolbar