Tingkatkan Kualitas Diri, Ini keuntungan Kuliah S2


UNSERA

Pernah terpikir nggak, setelah lulus S1, “Habis ini mau ngapain, ya?” Mungkin ada yang langsung terjun ke dunia kerja, atau ada juga yang mempertimbangkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagi sebagian besar orang yang sudah mengenyam pendidikan sarjana, mungkin berpikir sudah cukup untuk menjadi bekal mereka dalam berkarier. Nyatanya, kini banyak perusahaan yang lebih memilih Sumber Daya Manusia (SDM) dengan latar belakang pendidikan Strata II (S2) untuk mengisi posisi-posisi strategis. Fenomena itu sendiri bukanlah sebuah hal baru di kalangan bisnis. Mereka yang bergelar S2 pasti mendapat perhatian lebih ketimbang orang yang hanya berlatar pendidikan S1 dengan berbagai alasan dan faktor dari perusahaan.

Jumlah penduduk Indonesia menduduki posisi keempat terbesar di dunia. Namun, dari jumlah yang besar ini hanya 12,44 juta penduduk Indonesia yang merupakan lulusan Strata-1 (S1), berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2022. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat, hanya 822,47 ribu jiwa atau setara dengan 0,3% penduduk Indonesia yang berpendidikan hingga jenjang S2 pada Desember 2022. Jumlah ini masih sangat kecil untuk menuju negara middle up income (pendapatan menengah ke atas) untuk keluar dari gelar sebagai negara berkembang yang telah lama disandang Indonesia.

Masih ragu untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana? Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 (S2), baik secara personal maupun profesional. Berikut 3 keuntungan ambil kuliah S2!

  1. Menambah Pengetahuan dan Keahlian

Kuliah S2 itu ibarat membuka jendela ke dunia baru. Kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dan spesifik di bidang yang kamu minati. Bayangkan, kamu bisa jadi ahli di bidang yang kamu suka dan siap berkontribusi lebih banyak dalam pekerjaan atau riset yang kamu jalani. Seru, kan?

  1. Peluang Karir yang Lebih Baik

Nggak bisa dipungkiri, gelar S2 bisa jadi tiket emas untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di dunia kerja. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kualifikasi tinggi untuk mengisi posisi strategis. Dengan gelar S2, peluang kamu untuk mendapatkan promosi atau pekerjaan impian akan semakin besar.

  1. Kontribusi Lebih Besar untuk Masyarakat

Dengan pengetahuan dan keahlian yang lebih dalam, kamu bisa memberikan kontribusi yang lebih signifikan kepada masyarakat. Misalnya, dengan penelitian yang kamu lakukan bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah penting di sekitar kita. Bayangkan betapa bangganya kamu bisa memberikan dampak positif bagi banyak orang!

Nah, buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, ada kabar baik nih! Universitas Serang Raya kini membuka program S2 Magister Manajemen. Program ini dirancang khusus untuk kamu yang ingin memperdalam pengetahuan dan keahlian di bidang manajemen.

Dengan kurikulum yang up-to-date dan didukung oleh dosen-dosen yang berpengalaman, Universitas Serang Raya siap membantu kamu mencapai impian menjadi profesional yang handal dan kompeten. Selain itu, lingkungan kampus yang kondusif dan fasilitas yang memadai akan membuat pengalaman belajar kamu semakin menyenangkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu dan jadilah bagian dari keluarga besar Universitas Serang Raya. Tingkatkan kualitas diri, raih masa depan gemilang, dan jadilah agen perubahan! (H)