3 Dosa Mahasiswa Saat Presentasi


UNSERA

Presentasi sering kali menjadi bagian penting dari kehidupan mahasiswa. Entah itu untuk tugas, seminar, atau bahkan ujian akhir, kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan baik di depan audiens adalah keterampilan yang sangat berharga. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang merasa grogi dan akhirnya melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merusak presentasi mereka.

Padahal, dengan sedikit persiapan dan perhatian terhadap detail, presentasi bisa menjadi momen yang menyenangkan dan mengesankan. Nah, kali ini kita akan membahas tiga dosa terbesar yang sering dilakukan mahasiswa saat presentasi. Siapkan dirimu peeps, mari kita simak bersama!

  1. Membaca Slide Secara Langsung

Siapa yang pernah melihat presenter yang hanya membaca slide dari awal sampai akhir? Ya, ini adalah dosa pertama! Membaca slide secara langsung membuat audiens merasa bosan dan tidak terlibat. Mereka bisa saja membaca sendiri tanpa perlu mendengarkan presentasi kamu.

Solusinya gunakan slide sebagai panduan visual, bukan naskah yang harus dibaca. Jelaskan poin-poin penting dengan kata-kata sendiri, tambahkan cerita atau contoh yang relevan, dan berinteraksi dengan audiens. Ini akan membuat presentasi kamu lebih hidup dan menarik

  1. Terlalu Banyak Teks

Slide yang penuh dengan teks kecil dan padat membuat audiens sulit mengikuti dan malah bisa mengalihkan perhatian mereka dari penjelasanmu. Ini adalah dosa kedua yang cukup sering terjadi. Ingat, slide seharusnya membantu, bukan mengganggu!

Solusinya dengan menggunakan poin-poin singkat, gambar, atau grafik untuk menjelaskan ide utama. Jika perlu menambahkan teks panjang, sediakan handout atau materi tambahan yang bisa dibaca audiens setelah presentasi selesai.

  1. Tidak Siap Menghadapi Pertanyaan

Ketika tiba saatnya sesi tanya jawab, ada mahasiswa yang terlihat gugup atau malah bingung karena tidak siap menghadapi pertanyaan dari audiens. Ini adalah dosa ketiga yang sering membuat presentasi yang bagus jadi kurang berkesan.

So, Persiapkan diri dengan baik. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan latihan menjawabnya. Jika ada pertanyaan yang kamu tidak tahu jawabannya, jangan panik! Akui saja bahwa kamu belum memiliki jawabannya dan berjanji akan mencari tahu lebih lanjut. Kejujuran dan ketenangan akan membuat audiens menghargai usaha kamu.

Hindari tiga dosa ini, dan presentasi kamu pasti akan lebih menarik dan efektif! Ingatlah untuk tidak hanya berfokus pada konten, tetapi juga pada cara penyampaian dan interaksi dengan audiens. Semangat berkembang serapeeps!(H)