4 Cara Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja!


UNSERA

hai Serapeeps!

Menempuh pendidikan formal S1 sangatlah disarankan di tengah dunia kerja yang kompetitif. Bahkan ada banyak karyawan yang memutuskan upgrade diri untuk kuliah meski harus sambil kerja. Di sisi lain, tak sedikit pula mahasiswa yang membutuhkan kerja saat kuliah. Berikut cara membagi waktu saat kuliah.

Namun, bagi kamu yang ingin kuliah sambil kerja, hal penting yang perlu dimiliki adalah kemampuan mengatur waktu dengan baik karena kesibukan dan tanggung jawab akan bertambah. Selain itu, kamu juga perlu strategi khusus agar keduanya bisa dijalankan dengan baik dan optimal. Nah, berikut ini cara membagi waktu kuliah sambil kerja.

Pilih jurusan kuliah yang mendukung karier saat ini

Memilih jurusan kuliah bagi yang bekerja tentu akan lebih mudah jika sejalan dengan bidang kerjamu. Selain karena ilmu yang kamu dapatkan bisa langsung diaplikasikan saat bekerja, kamu juga akan lebih mudah memahami materi mata kuliah dari jurusan yang kamu pilih. Materi-materi kuliah yang kamu dapatkan itu tidak akan terlalu asing bagimu. Dengan begitu, kamu bisa lebih menikmati dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan keduanya. Hasil yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Gunakan waktu weekend untuk kuliah

Bagi yang bekerja di sebuah perusahaan, hari Senin sampai Jumat akan penuh digunakan untuk bekerja. Waktu pun akan tersita hampir seharian penuh dari pagi hingga sore hari. Kondisi seperti ini tentu akan menyulitkanmu untuk membagi waktu dengan kuliah. Oleh karena itu, cara membagi waktu kuliah sambil kerja agar dapat efektif adalah memilih waktu weekend untuk kuliah.

Saat ini, di Indonesia tersedia sejumlah kampus yang menyediakan sistem pembelajaran khusus bagi para karyawan. Jadwal yang diberikan pun tidak menyita waktu kerja mahasiswanya. Oleh karena itu, pilihlah sistem perkuliahan yang fleksibel seperti di Program R3 Unsera . Dengan jadwal perkuliahan di weekend kamu bisa tetap mencari ilmu ditengah kesibukanmu. Sangat memudahkan, bukan?

Ikuti kelas online

Cara membagi waktu kuliah sambil kerja selanjutnya adalah memilih kampus yang bisa memberikan kelas online bagi mahasiswanya. Dengan mengikuti kelas online, kamu mempunyai waktu yang lebih fleksibel dan tidak perlu memusingkan jarak. Materi mata kuliah yang kamu pilih dapat kamu akses kapan saja dan di mana saja.

Tak perlu bingung, kamu bisa langsung mendaftar di Program R3 Unsera yang sistem perkuliahannya dijalankan secara online. Hal ini tentunya akan membuatmu lebih fleksibel serta hemat waktu dan tenaga.

Terapkan skala prioritas agar seimbang

Cara membagi waktu kuliah sambil kerja yang tak kalah penting adalah perlunya menerapkan skala prioritas kegiatan. Setelah mengatur jadwal aktivitasmu, susunlah skala prioritas sehingga kamu tidak terlalu pusing dan kerepotan dalam mengatur urusan kerja dan kuliah.

Misalnya, jika kamu memiliki jadwal ujian kuliah pada satu waktu, kamu harus berkomitmen agar dapat mengerjakan tugas kantor lebih cepat dan tepat. Begitu pun sebaliknya. Hal ini akan membantumu untuk lebih fokus menyelesaikan satu per satu tugasmu sehingga tidak ada tanggung jawab yang terbengkalai.

Itulah beberapa cara membagi waktu kuliah sambil kerja secara efektif. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Program R3 Unsera, informasi lebih lanjut, klik di sini, ya!