Tips Mahasiswa Baru untuk Beradaptasi dengan Kehidupan Kampus


UNSERA

Ketika memasuki masa transisi dari SMA ke jenjang Kuliah, tentunya akan ada banyak perubahan yang terjadi secara signifikan. Apalagi jika melanjutkan studi di luar kota yang mengharuskan untuk merantau dan jauh dari orang tua, pasti dibutuhkan kemandirian yang lebih dari biasanya.

Hal-hal asing yang akan ditemui seperti jam perkuliahan yang tidak menentu, tidak adanya seragam, tidak ada upacara di hari senin hingga sistem belajar di bangku kuliah tentunya akan berbeda total. Merasa asing di lingkungan baru itu sangat wajar, tetapi jangan terus terjebak di perasaan seperti itu ya! Perjalanan di bangku kuliah tidak hanya hitungan hari atau minggu saja. Skill adaptasi tentunya sangat dibutuhkan di situasi ini. Berikut ini adalah tips untuk MABA agar bisa beradaptasi dengan kehidupan kampus. Check this out!

Terbuka terhadap lingkungan sekitar

Keterubukaan merupakan kunci utama agar dapat berbaur di linkungan baru. Masa pengenalan kampus bisa dimanfaatkan untuk mengenal banyak orang dari berbagai jurusan dan fakultas, disaat tersebut ubah dirimu menjadi orang yang humble dan supel agar mendapat banyak teman.

Tidak hanya bergaul dengan teman seangkatan saja, tapi dekati senior atau kakak tingkat yang memiliki lebih banyak pengalaman didunia perkuliahan, agar lebih banyak mendapat informasi seputar dunia kuliah.

Terkadang, menjadi orang Sok kenal sok dekat A.K.A SKSD sangat diperlukan untuk bisa memulai berkomunikasi dengan orang baru, so jangan minder atau takut untuk memulai pertemanan ya!

Mencari informasi terkait jurusan dan fakultas yang dipilih

Setelah berkenalan dengan orang-orang baru, tahap selanjutnya adalah mencari informasi terkait jurusan dan fakultas yang dipilih. Cari informasi mulai dari mata kuliah, cara pembelajarannya seperti apa, sistem akademiknya hingga sistem administrasi di fakultas yang dipilih .

Tentu akan lebih mudah beradaptasi dan nyaman dalam belajar jika mengetahui jutusan dan fakultas yang dipilih. Jadi, cari tau lebih dalam tentang jurusan dan fakultas yuk!

Aktif mengikuti kegiatan kampus

Tidak dapat dipungkiri, relasi dan softskill bisa terasah dengan mengikuti aktivitas di dalam kampus baik tingat fakultas maupun jurusan. Selain dengan mengikuti aktivitas tingkat fakultas dan jurusan, MABA juga bisa mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) sebagai pengganti ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Di awal semester, UKM biasanya merekrut anggota baru dan sebagai MABA tentunya bisa bergabung juga! Universitas serang raya memiliki banyak pilihan UKM bagi mahasiswanya, yaitu UKM Akustik, UKM kamus, LDK karisma, LENTERA, LPM wisma, UKM PO dan masih banyak lagi. Banyak pilihannya bukan?

Setelah memikirkan cara beradaptasi di lingkungan baru, jangan lupa untuk membuat target dan planning saat kuliah, ya! Seperti target lulus, serta mengikuti kegiatan-kegiatan kampus yang menunjang untuk karir nantinya.