Menghidupkan Budaya Literasi di Lingkungan Universitas


UNSERA

Halo Serapeeps!

Setuju nggak sih kalau literasi itu amat penting? Kayaknya kalau ditanya gini semua jawabnya bakal bilang penting banget, deh! Yap! Emang bener, literasi itu penting karena dampaknya yang besar bagi perkembangan diri dan juga lingkungan, apalagi lingkungan universitas!

Literasi di lingkungan universitas menjadi salah satu aspek penting yang akan mendukung keberhasilan akademis. Literasi yang dimaksud bukan hanya sebatas membaca dan menulis tetapi juga mencakup kemampuan kritis dalam pemahaman, mengevaluasi, dan menggunakan informasi serta sumber daya yang ada.

Mengapa Literasi di Universitas Penting?

  1. Keberhasilan Akademis: Mahasiswa dengan literasi yang baik akan mampu mengakses, memahami, dan mengevaluasi materi pelajaran dengan lebih baik yang tentu akan berdampak positif pada hasil akademis.
  2. Pemikiran Kritis: Mahasiswa dengan literasi yang baik berbanding lurus dengan kemampuan berpikir kritis. Kualitas pemikiran yang baik akan menghasilkan pemikiran yang objektif dan rasional.
  3. Persiapan Karir: Seseorang dengan kemampuan literasi yang baik tentu akan menjadi aset berharga dalam karir. Kemampuan untuk mencari informasi, berkomunikasi secara efektif, dan mengevaluasi data adalah keterampilan yang dicari oleh perusahaan.

Ironinya, Indonesia menduduki 11 peringkat terbawah dari 81 negara. Tingkat literasi yang rendah, penyebab mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa karena sebagian besar keterampilan dan pengetahuan yang lebih mutakhir diperoleh melalui kegiatan membaca. 

Salah satu cara menciptakan budaya literasi di lingkungan universitas adalah dengan cara menghidupkan perpustakaan karena di sanalah jendela dunia berada. Seperti halnya perpustakaan yang ada di Universitas Serang Raya, buku-buku dengan berbagai genre tersedia bahkan saat ini UNSERA sudah mempunyai digital library yang semakin memudahkan mahasiswa dan juga dosen untuk mengakses buku-buku yang ada.

Yuk, hidupkan perpustakaan untuk menciptakan lingkungan universitas yang cerdas dan bermartabat! (Z)