Pengalaman Rafli Ramadhani Ikuti Program BANGKIT Academy 2023


UNSERA

Rafli Ramadhani, mahasiswa UNSERA Program Studi Teknik Informatika semester 7 bercerita pengalamannya saat mengikuti program Bangkit Academy 2023 yang diselenggarakan oleh Google, GoTo, Traveloka. Pada program ini ia fokus pada bidang Machine Learning.

Aktivitas studi independen Rafli sebagai pengembang Machine Learning mencakup pembelajaran individu dan proyek akhir dalam bentuk tim. Dalam pembelajaran individu, ia mengikuti kelas secara asynchronous (melalui modul belajar di Dicoding Academy dan Coursera). Rafli juga dapat berkonsultasi dengan para ahli terkait materi yang dipelajarinya melalui forum diskusi yang tersedia.

Selain itu, Rafli memiliki seorang pembimbing yang dapat ia hubungi jika mengalami kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran. Program studi independen ini menawarkan satu jalur pembelajaran, yaitu Machine Learning Learning Path.

“Kalau nanti berhasil lulus dari setiap ujian, setiap peserta akan dapat sertifikat kompetensi di setiap kelas dalam jalur pembelajaran Machine Learning Developer,” ujarnya.

Manfaat yang didapatkan oleh Rafli termasuk sertifikasi global, akses ke jaringan industri langsung, komunikasi dengan alumni yang dapat membagikan informasi tentang pekerjaan, mendapatkan akun Coursera, dan memiliki mentor yang dapat membimbingnya dalam perjalanan pengembangan Machine Learning-nya. Semua ini akan membantu Rafli memperkuat profilnya sebagai seorang pengembang Machine Learning yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Weekly Mentoring: Menyampaikan informasi mengenai program dan sharing terkait kesulitan yang dihadapi.
  • Instructor Lead Training Technology (ILT-Tech): Dilakukan secara online setiap minggu dengan topik pembahasan mengenai review pembelajaran secara mandiri.
  • Capstone Project: Tantangan akhir menggabungkan learning path machine learning, cloud computing, dan mobile development dalam pembuatan aplikasi mobile.
  • Learning Path Machine Learning: Melalui Cousera mempelajari studi kasus, teori dasar untuk diterapkan dalam project.

“Saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa sekali selama mengikui program Bangkit Academy ini. Kombinasi pembelajaran teknis yang mendalam dan pengembangan soft skills yang intens memberikan pandangan unik dan inspiratif tentang dunia teknologi,” pungkasnya.

Yuk Serapeeps, jangan lewatkan kesempatan ini!

Bangkit Academy adalah pintu gerbang menuju pemahaman mendalam tentang teknologi masa depan dan peluang karir yang tak terbatas, karena di sinilah kamu akan menemukan teman dengan beragam visi, mentor yang mendukung, serta peluang untuk tumbuh bersama. (Z)