SAF dan FISIPKUM UNSERA Gelar Kuliah Tamu Bersama Sekretaris KPU Banten


UNSERA

Serang (25/10)- Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Hukum (FISIPKUM) Universitas Serang Raya (Unsera) menyelenggarakan kuliah tamu menghadirkan narasumber sekretaris Komisi Pemilhan Umum (KPU) Provinsi Banten Ferry Syahminan, S.Sos., M.Si bertempat di Aula Gedung A Lantai 6 FISIPKUM Unsera (25/10).


Pada kegiatan tersebut turut hadir Dekan Fisipkum Unsera Dr. A.P. Delly Maulana,MPA Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisipkum Unsera Daffa Putri, Direktur Eksekutif SAF Muhamad Suhada serta dosen dan mahasiswa. Kegiatan tersebut mengusung tema Pemilu sebagai wadah aspirasi menentukan kepemimpinan yang di hadiri sekitar 200 orang peserta.


Daffa Putri sebagai penyelenggara kegiatan melaporkan bahwa persiapan kegiatan ini dilakukan tidak terlalu lama, namun kegiatan hari diharapkan memberikan dampak positif terkait informasi kepemiluan. “Kehadiran mahasiswa dalam pemilu sangatlah penting, karena dapat memberikan informasi seluas-luasnya pada masyarakat terkait agenda-agenda pemilu”.


“Selaku mahasiswa tentunya memberikan terima kasih dan apresiasi pada KPU dalam hal ini sekretaris KPU Banten yang bersedia hadir memberikan informasi tentang kepemiluan”. ujarnya


Dekan Fisipkum Unsera Delly Maulana dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih atas kehadiran KPU ditengah-tengah mahasiswa untuk memberikan pencerahan terkait pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2024.


Delly menyampaikan bahwa dalam ruang-ruang intelektual sangat dibutuhkan kehadiran penyelenggara pemilu, agar berbagai perkembangan tentang kepemiluan dapat tersampaikan dengan lugas dan cermat pada kalangan civitas akademika.


“Sebagai insan akademik, tentunya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran sekretaris KPU Banten di Kampus Unsera dalam rangka memberikan pendidikan pada mahasiswa terkait hak dan kewajiban pemilih pemula dalam menghadapi pemilu tahun 2024.” Tegasnya.


Sekretaris KPU Banten Ferry Syahminan dalam paparannya menyampaikan dari mengapa pemilu itu penting hingga pada tahapan proses pemilu dan hak serta kewajiban warga negara dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024, dimana pemilu menjadi salah satu sarana penting untuk proses regenerasi kepimpinan, patut semuanya hadir dalam mengawal pemilu, termasuk pemilih pemula.


Lanjut Ferry tahapan pemilu bagi anak-anak milenial dan termasuk di dalamnya adalah mahasiswa baru harus betul-betul mengetahui dan memahami konsep dan proses pelaksanaan pemilu agar pemilu ini dapat terselenggara dengan baik.


“Selain itu kita berharap tingkat partisipasi kalangan milenial dan mahasiswa dapat meningkat. Hal itu dapat terjadi apabila ada kemauan untuk terlibat langsung datan di TPS dan mengajak orang-orang disekelilingnya untuk datang di TPS.“ Terangnya.


“proses pemilu dapat berjalan dengan baik apabila kehadiran warga negara secara berdaulat dan kesadarannya memberikan suaranya dalam pemilu tanpa ada intervensi dari seseorang dan dari pihak manapun juga. ”Terangnya.


“Politik uang dan kampanye negatif dalam pelaksanaan pemilu sering menjadi issu yang sangat strategis dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Untuk itulah kita semua patut harus hadir dalam melakukan pengawalan dan pengawasan jalannya proses pemilu tahun 2024.”Harapnya.


Direktur Eksekutif SAF Muhammad Suhada turut mengapresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dan sangat antusias terkhusus kepada panitia terlibat sudah mempersiapkan kegiatan kuliah tamu tentang kepemiluan sehingga berjalan dengan lancar.


“Alhamdulillah senang sekali rasanya saya melihat antusiasme mahasiswa mengikuti kuliah tamu tentang kepemiluan ini, semoga ini menjadi salah satu langkah bersama dari semua pihak dalam mendukung kesuksesan pemilu 2024 mendatang, terima kasih juga kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara ini dengan baik, sehingga bisa berjalan dengan lancar”. Pungkas Suhada.