Rekomendasi 5 Aplikasi AI yang Bisa Bantu Kamu Mengerjakan Skripsi


UNSERA

Halo pejuang skripsi!

Gimana kabarnya? Mental aman? Tenang, semua akan gwenchana pada waktunya…

Kamu tahu gak sih kalau teknologi artificial intelligence (AI) punya beragam format yang bisa dimanfaatkan untuk membantu beragam aktivitas pengguna, salah satunya menyusun skripsi atau karya ilmiah akhir pada pendidikan sarjana. Dalam mengerjakan skripsi, terdapat beberapa proses dan bagian yang perlu dilakukan, seperti mencari ide judul, mencari referensi, membuat kerangka (outline), memahami referensi yang dipakai, dan masih banyak lagi.

AI punya fungsi sebagai alat bantu dengan pengendalinya tetap terletak pada kemampuan pengguna sendiri. Lewat AI, pengguna dapat memperoleh bantuan untuk mengerjakan proses dan bagian skripsi. Saat ini, terdapat beberapa aplikasi AI yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengerjakan skripsi. Apa aja? simak sampai akhir!

1.ChatGPT

Aplikasi AI ini sudah cukup populer dipakai banyak pengguna. Program AI buatan OpenAI ini dibekali kemampuan untuk menjawab aneka pertanyaan dan perintah. Lewat kemampuan itu, pengguna bisa meminta Chat GPT untuk melakukan tugas yang dapat membantu menyelesaikan skripsi, seperti mencari ide judul, menyarankan referensi buku, dan lainnya. Chat GPT bisa diakses di https://chat.openai.com/.

    2. Consensus

    Dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa umumnya diminta buat menyertakan teori atau konsep dari tokoh tertentu untuk menjelaskan masalah yang diangkat. Aplikasi consensus dapat dimanfaatkan untuk membantu melakukan hal itu. Di Consensus, pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah penelitian. Selanjutnya, Consensus akan memberikan jawaban yang disertai referensi dari buku atau jurnal. Consensus bisa diakses di https://consensus.app.

    3. Elicit

    Secara fitur, Elicit bisa dibilang mirip dengan Consensus, yaitu menyediakan jawaban atas pertanyaan pengguna berdasar referensi ilmiah seperti jurnal. Di Elicit, pengguna dapat bertanya tentang berbagai informasi atau penjelasan mengenai skripsi yang ditulisnya seperti konsep, sejarah, dan fakta atas suatu masalah yang nantinya akan memberikan jawaban berdasar referensi ilmiah. Elicit bisa diakses di https://elicit.org.

    4. Research Rabbit

    Aplikasi AI yang satu ini punya data bahan bacaan yang sangat banyak dan dapat dimanfaatkan Pengguna untuk cari referensi terkait topik skripsi yang diteliti. Research Rabbit menyajikan jaringan karya ilmiah yang saling berkaitan pada topik tertentu. Fitur ini berguna ketika hendak membuat bagian tinjauan pustaka di skripsi. Research Rabbit bisa diakses di https://researchrabbitapp.com.

    5. ChatPDF

    Terakhir adalah ChatPDF. Seperti namanya, aplikasi ini punya fitur utama untuk mendeteksi teks yang terdapat dalam dokumen PDF. ChatPDF dapat membantu untuk memahami referensi yang akan dicantumkan di skripsi. Lewat ChatPDF, pengguna dapat mengunggah dokumen referensi format PDF, kemudian ChatPDF akan membacanya dan pengguna bisa mengajukan pertanyaan terkait dokumen tersebut. ChatPDF bisa diakses di https://www.chatpdf.com.

    Nah, itu dia rekomendasi 5 aplikasi AI untuk bantu kamu ngerjain skripsi! Tapi ingat ya, gunakan kecerdasan buatan dengan bijak dan tetap menghormati etika penelitian ya! Good luck! (Z)