UNSERA Gelar Pembekalan Bagi Penerima KIP Kuliah 2023


UNSERA

Universitas Serang Raya (UNSERA) menggelar pembekalan bagi calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang diselenggarakan secara offline pada Selasa, (5/9/2023) di Auditorium lantai 6 gedung A Unsera. KIP Kuliah merupakan program Pemerintah Pusat dalam upaya meningkatkan akses pendidikan masyarakat ke perguruan tinggi.

Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Kemahasiswaan Unsera, Abdul Fatah, mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini alokasi KIP Kuliah Unsera sebanyak 27 orang, sedangkan animo masyarakat untuk mendapatkan program tersebut sangat tinggi. Lebih lanjut Fatah menjelaskan tahapan seleksi agar program KIP Kuliah tepat sasaran.

“Pertama seleksi berkas, kemudian wawancara, dilanjutkan dengan survey lokasi atau rumah calon penerima dan wawancara dengan orang tua”, jelasnya.

Pembekalan dihadiri oleh 27 calon penerima KIP-K dengan didampingi orang tua atau wali tersebut diisi dengan materi terkait hak dan kewajiban penerima KIP Kuliah yang dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas dan terakhir pembuatan SK penerima.

Wakil Rektor I Unsera, Dr. H. Abdul Malik, M.Si, turut memberi arahan yang harus dipatuhi calon penerima KIP-K.

“Penerima KIP Kuliah di Unsera harus mematuhi beberapa ketentuan, seperti tidak boleh bekerja, tidak menikah selama studi, dan indeks prestasi akademik setiap semesternya harus tinggi”, tuturnya.

Abdul Malik juga mengimbau agar orang tua penerima KIP Kuliah harus terus melakukan monitoring, baik dalam aktivitas akademik maupun non akademik putera-puterinya.

Suasana kebahagiaan dirasakan seisi ruangan, tak terkecuali oleh Dwi Rohaniyah, penerima KIP-K yang diterima di Prodi Pendidikan Matematika, di mana program ini sangat membantunya untuk mewujudkan cita-citanya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Hal yang sama juga dirasakan oleh Nurazizah Aini, alumni dari SMKN 2 Pandeglang yang sangat terharu dinyatakan lolos sebagai penerima KIP Kuliah pada Prodi Sistem Komputer.

Ungkapan bahagia turut dirasakan oleh Ene Junaiah, salah satu orang tua penerima KIP-K. Dirinya merasa terharu dan bangga puterinya bisa menjadi mahasiswi di Unsera melalui program KIP-K 2023.

Universitas Serang Raya (UNSERA) berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswanya dalam menjalankan jenjang perkuliahan, salah satunya dengan KIP-Kuliah yang akan membebaskan biaya pendidikan penerimanya hingga lulus.

“Jika ada Civitas Akademika Unsera yang meminta sejumlah uang dari penerima KIP Kuliah, segera lapor ke saya”, tegas Abdul Malik.