Unsera Gelar Wisuda 15 Gelombang 3 Tahun 2023, Luluskan 364 Wisudawan


UNSERA

SERANG- Universitas Serang raya menggelar wisuda 15 gelombang 3 Tahun Akademik 2022/2023, Rabu (21/6/2023).

Acara yang digelar di Rachmatoellah Convention Hall ini meluluskan 364 wisudawan Sarjana dan Ahli Madya dengan rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.87 dan lama studi rata-rata 4 tahun.

Wisuda juga turut dihadiri oleh Pj Gubernur Banten, Kepala LLDIKTI 4 Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Wakil Rektor UIN Maulana Hasanuddin, serta Wakil Rektor I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Dalam sambutannya, Al Muktabar menuturkan wisuda adalah bagian dari pencapaian mahasiswa yang disebut pembelajaran. “Pembelajaran afektif, psikomotorik, dan hal-hal lain yang terkait dengan komponen tersebut disebut peningkatan kualitas SDM” jelasnya.

Al Muktabar juga mengatakan bahwa Unsera menjadi peran untuk meningkatkan SDM sebagai upaya mendukung era Indonesia emas 2045.

Menghadapi era digitalisasi, Al Muktabar berharap para wisudawan/ti terus menggiatkan kompetensi ke depan dengan 4 pedoman.

“Memasuki tatanan global, harus memiliki 4 pedoman. Pertama, memperkuat kompetensi berbasis perhitungan kuantitatif dan kualitatif. Kedua, memiliki kemampuan berbahasa, upayakan kuasai satu bahasa internasional agar terkonek dengan tatanan global. Ketiga, menguasai Bahasa coding. Keempat, memiliki kemampuan bersifat religiusitas” tegasnya.

Rektor Unsera, Dr.H. Hamdan, M.M mengatakan bahwa dalam kurun waktu 14 tahun, Unsera telah melahirkan 11.534 Sarjana dan Ahli Madya. Hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Unsera kepada bangsa dan negara untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Dalam sambutannya, Rektor Unsera menambahkan bahwa saat ini kita dihadapkan dengan ancaman ekonomi resesi global 2023 yang berdampak pada menurunnya lapangan pekerjaan.

Di sisi lain, Indonesia tengah memasuki era bonus demografi, di mana penduduk didominasi oleh usia produktif 15-64 tahun.

“Bonus demografi jika dimanfaatkan dengan benar, akan menjadi penggerak kemajuan Bangsa Indonesia yang dahsyat” ujarnya.

Untuk itu Unsera dengan kurikulumnya berusaha menghasilkan mahasiswa yang berpengetahuan luas dan mempunyai keterampilan spesifik agar mampu memenuhi permintaan pasar kerja yang berubah. “Hingga saat ini Unsera mempunyai program pertukaran pelajar, magang industri hingga ke negeri China untuk mendapatkan bekal dan pengetahuan ekstra di samping pengetahuan yang didapat di Unsera” jelasnya.

Rektor Unsera berharap lulusan Unsera mampu berwirausaha dan mampu menciptakan lapangan kerja yang siap mendongkrak ekonomi bangsa.

Dr.H. Hamdan, M.M juga berpesan kepada para wisudawan/ti agar terus meningkatkan kualitas diri dan mengingatkan bahwa pencapaian seseorang itu berbeda-beda. “Pencapaian itu ada yang cepat ada yang lambat, yang penting jangan diam di tempat. Teruslah berjalan pada jalan yang tepat sampai kamu berada di tempat tujuan” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Unsera, H. Mulya Rahayu Rachmatoellah, Lc., M.Hum turut mengingatkan dalam sambutannya bahwasannya para wisudawan/ti memiliki tanggung jawab yang luar biasa.“Para wisudawan/ti memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Kalian memiliki 3 alam, internet, online, dan offline. Ketiga inilah yang harus diimbangi dengan kapasitas Anda. Unsera senantiasa mempersiapkan SDM dengan aspek keilmuan dan keahlian agar bisa beradaptasi dengan ranah kerja” tuturnya.

Unsera memberikan penghargaan kepada 5 wisudawan terbaik, yakni (1) Ahmad Suryani Abdeellah, jurusan Ilmu Hukum dengan IPK 3.92, (2) Ananda Desfithania Sari, jurusan Teknik Informatika dengan IPK 3.89, (3) Claudya Chusnul Chotimah, jurusan Akuntansi dengan IPK 3.85, (4) Muhammad Ary Fitriansyah, jurusan Teknik Industri dengan IPK 3.81, (5) Muhamad Radho, jurusan Vokasi Keuangan Perbankan jenjang Diploma III dengan IPK 3.88.

Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Tabungan Negara (BTN) turut memberikan apresiasi kepada 5 wisudawan terbaik Unsera 2023 dengan memberikan dana apresiasi pendidikan yang diserahkan langsung oleh masing-masing pimpinan BSI dan BTN.