Belajar dari Profesional, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unsera Kunjungan Industri ke Kemenko PMK


UNSERA

Serang, 8 Juli 2024– Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kunjungan industri ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan uji kompetensi yang bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa dalam memahami koordinasi di dunia kerja yang sesungguhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ade Rustaman, Sekretaris Deputi Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, memberikan sambutan dan menjelaskan bagaimana Kemenko PMK melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa akan dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Indrianti Azhar Firdausi dalam sambutannya selaku kaprodi ilmu komunikasi unsera.

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unsera juga memiliki kesempatan untuk menyinkronkan materi yang mereka pelajari di kampus dengan praktik kerja nyata yang dilakukan oleh para profesional di Kemenko PMK. Diskusi dan tanya jawab yang berlangsung selama kunjungan ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran media dalam proses koordinasi antar kementerian.

Salah satu materi yang diterima mahasiswa yaitu topik mengenai upaya pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Materi ini memberikan gambaran komprehensif tentang strategi dan program yang dijalankan Kemenko PMK untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan membantu masyarakat yang paling membutuhkan.

Ade Rustaman menekankan pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. “Unsera bisa ikut berkontribusi untuk menciptakan manusia yang unggul dan memiliki daya saing,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kehadiran perguruan tinggi harus senantiasa berkontribusi, baik secara langsung melalui kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik maupun kontribusi tidak langsung melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan.

Kunjungan industri ini diharapkan dapat memperkaya wawasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unsera dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang sesungguhnya, sekaligus mendorong mereka untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (H)