Siapkan Lulusan Unggul, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsera Ikuti Sertifikasi Uji Kompetensi BNSP


UNSERA

Dalam rangka mempersiapkan lulusan unggul dan kompeten, Universitas Serang Raya (Unsera) menggelar Sertifikasi Uji Kompetensi bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, di antaranya konsentrasi Jurnalistik, Marketing, Broadcasting, dan Public Relation. Uji kompetensi ini digelar dengan tiga skema sesuai konsentrasi masing-masing.

Skema digital marketing ditujukan untuk konsentrasi marketing komunikasi, skema media jurnalistik penyiaran untuk mahasiswa dengan konsentrasi jurnalistik dan broadcasting, serta skema public relations officer untuk mahasiswa dengan konsentrasi public relation.

Uji kompetensi untuk skema media jurnalistik penyiaran dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Islam Bandung (Unisba) pada 1 Juli 2024. Sementara itu, skema digital marketing dan skema public relations officer dilaksanakan pada 3-4 Juli di TUK Unsera.

Setelah mengikuti rangkaian uji kompetensi yang telah diagendakan oleh para asesor sesuai skemanya masing-masing, peserta akan mendapatkan sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai sertifikat pendamping ijazah.

“Anak-anak yang kita uji kali ini sudah taktis dengan masa depan mereka, sudah tidak bergantung dengan dunia industri dan bisa mandiri, berkat rancangan pembelajaran yang diberikan oleh para dosen tentunya” ujar Qodariah, salah satu asesor di skema digital marketing.

Kepada Indrianti Azhar Firdausi, Kaprodi Ilmu komunikasi, Qodariah juga mengucapkan selamat dan menyatakan bahwa mahasiswa yang diuji sudah bisa dikatakan menjadi human capital yang kompeten.

Uji Kompetensi ini menjadi penyempurna ijazah akademis mahasiswa dalam berkecimpung di dunia kerja sesuai bidangnya. Selain itu, tingginya tren peminatan masyarakat terhadap bidang Ilmu Komunikasi menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan mahasiswanya agar mampu bersaing di era digital saat ini. Sertifikat profesi sebagai pendamping ijazah menjadi sangat penting dalam mencetak lulusan-lulusan yang unggul dan kompeten. (H)