Mahasiswa PMM Unsera Pelajari Kebhinekaan Indonesia Lewat Modul Nusantara


UNSERA

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 4 di Unsera menghadirkan beragam cerita di dalamnya, salah satunya cerita dari mahasiswa Universitas Cokriaminoto Palopo, Mutiara Fajar ketika mengikuti kegiatan modul nusantara.

Pada tanggal 24 April 2024, seluruh peserta mengunjungi tempat yang kaya akan sejarah dan budaya yaitu komunitas Rumah Dunia.

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendengarkan materi dari tokoh-tokoh inspiratif. Mas Toto, penasehat dari Rumah Dunia, memberikan materi mengenai sejarah kesultanan serta budaya yang kaya di Provinsi Banten.

Mahasiswa juga mendapat wawasan dari Abdul Salam, direktur Rumah Dunia, tentang motifasi dan awal berdirinya komunitas tersebut, serta upaya menanamkan minat baca di masyarakat Kota Serang.

Sementara, untuk mengenalkan nilai inspirasi dari modul nusantara, para mahasiswa diajak untuk mengenal pengalaman hidup dari Abah Haji Edi, seorang pebisnis sukses. Mulai dari masa remaja hingga menjadi sosok yang disegani dalam dunia bisnis, memberikan motivasi yang besar bagi para mahasiswa. Abah Haji Edi memberikan pesan tentang pentingnya kepercayaan dari masyarakat dan keyakinan bahwa segala hal dapat dicapai dengan usaha dan kehendak Allah.

Para mahasiswa juga disuguhi pertunjukan kesenian Debus. Mereka dapat menyaksikan secara langsung keahlian para seniman Debus yang kebal terhadap berbagai senjata tajam bahkan gergaji mesin.

“seru banget dan nggak bisa dilupakan. Benar-benar pengalaman yang tidak bisa dilupakan” ujar mutiara.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada para mahasiswa, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi dalam menghadapi tantangan hidup. (H)