UNSERA Lakukan Kolaborasi PKM dengan UBHARA Jakarta Raya dan MGMP Matematika SMK Kab Lebak

Program Studi Pendidikan Matematika & Teknik Informatika Universitas Serang Raya (UNSERA) berkolaborasi dengan Program Studi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK Kabupaten Lebak dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan mengundang guru Matematika di wilayah Kabupaten Lebak untuk mengikuti Workshop yang diselenggarakan di SMKN 1 Rangkasbitung.

Workshop tersebut bertema “Peningkatan Kompetensi Mengajar Berbasis Perangkat Lunak Bagi Guru Matematika” yang diselenggarakan secara luring dan daring dimulai dari tanggal 28 Mei – 7 juli 2022 ditandai dengan penerbitan sertifikat workshop 32 JP pada akhir kegiatan. Workshop tersebut menghadirkan narasumber dari UNSERA yang terdari dari Dr. Rina Oktaviyanthi, M.Pd., Khotimah, M.Pd., Indri Lestari, M.Pd., Giyanti, M.Pd., Usep Sholahudin, S.T., M.Si., Tb. Sofwan Hadi, M. Pd., Dentik Karyaningsih, M.Kom., Donny Fernando, S.Kom, M.M., serta narasumber dari UBHARA Jakarta Raya yaitu Dr. Tb. Ai Munandar, S.Kom., M.T., dan Dwipa Handayani, S.Kom., M.MSI.

“Fokus utama program kemitraan ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan baik secara teori maupun teknis dalam membangun motivasi guru memanfaatkan media belajar matematika berbasis TIK yang bertujuan untuk mengembangkan potensi, mengoptimalkan kompetensi dan meningkatkan kapabilitas guru matematika. Target khusus yang diharapkan tercapai melalui program kemitraan ini yaitu kemampuan guru matematika dalam menerapkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran di kelas baik secara teori maupun praktik,” jelas Khotimah, M.Pd., selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika.

Adapun metode untuk mencapai tujuan tersebut yakni menggunakan pendekatan mentoring, resource sharing dan workshop. Kegiatan ini dilaksanakan pada semester Genap TA 2021-2022 tepatnya bulan Mei – Juli 2022 dengan luaran kegiatan berupa laporan PKM, artikel hasil kegiatan PKM dan peningkatan kompetensi guru baik teori maupun praktik terkait aplikasi media pembelajaran matematika berbasis TIK.

“Diharapkan dengan kompetensi TIK ini guru dapat lebih jauh menstimulasi pikiran, perasaan, perhatian, minat dan pengalaman peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran Matematika yang memiliki konsep pengetahuan abstrak. Dengan memanfaatkan media belajar berbasis TIK atau perangkat lunak atau sejenis itu, konsep abstrak yang dimiliki matematika sebagai karakteristik utama dapat lebih visible dan berpeluang besar untuk dipahami lebih cepat,” tambah Dr. Tb. Ai Munandar, S.Kom., M.T., selaku salah satu narasumber kegiatan PKM Kolaborasi.

Bilah Aksesibilitas