Penyerahan Kontrak Hibah DRTPM, Unsera Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Dosen


UNSERA

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian dosen, Universitas Serang Raya (UNSERA) melakukan penyerahan kontrak hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) serta sosialisasi laporan penelitian dan pengabdian internal, Jumat (26/7/24). Acara ini dihadiri oleh para dosen dan pejabat universitas, termasuk Rektor UNSERA, Dr. Abdul Malik, M.Si, Wakil Rektor I, Dr. Denny Kurnia, M.M, Wakil Rektor II, H.M. Kamil Husain, Lc., M.Si, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Ing. Farid Wajdi, M.Sc.

Dalam sambutannya, Abdul Malik menegaskan pentingnya peran dosen dalam tiga aspek utama, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Beliau menekankan bahwa ke depan, level penelitian harus ditingkatkan, bukan hanya dari segi kualitas dan kuantitas, tetapi juga dampaknya.

“Kita harus fokus pada impact dari penelitian, sehingga bisa unggul dan bermartabat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini diumumkan bahwa Unsera telah berhasil mendapatkan total dana hibah sebesar 820 juta rupiah, yang terbagi dalam 9 hibah penelitian dan 4 hibah pengabdian.

Abdul Malik juga menyatakan bahwa saat ini setiap dosen diwajibkan untuk menyusun proposal penelitian dan pengabdian. Hal ini merupakan wujud komitmen UNSERA dalam meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian di universitas ini.

Dalam sesi sosialisasi, Ketua LPPM, Dr. Ing. Farid Wajdi, M.Sc, memberikan arahan mengenai standar format laporan penelitian dan pengabdian yang harus diikuti oleh para dosen.

“Kami telah membuat standar format laporan penelitian dan pengabdian berdasarkan jenis skema yang dilakukan,” jelasnya sambil menampilkan contoh format melalui proyektor.

Sejalan dengan Rektor, Dr. Denny Kurnia selaku Wakil Rektor I juga menekankan bahwa penelitian dan pengabdian dosen merupakan hal yang wajib guna impelementasi tri dharma perguruan tinggi.

Melalui pertemuan ini, diharapkan para dosen termotivasi untuk terus berinovasi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, serta meningkatkan kualitas dan dampak setiap proyek. UNSERA berkomitmen mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini sebagai upaya menjadi universitas yang unggul dan bermartabat. (Z)