5 Tips Produktif di Bulan Ramadan, Kamu Wajib Tahu!


UNSERA

Halo Serapeeps!

Memasuki bulan puasa, biasanya kamu akan mengalami perubahan pola hidup. Dalam menjalani perkuliahan, menjadi produktif adalah salah satu faktor keberhasilan. Maka dari itu, amat penting untuk menjaga produktivitas. Mau tahu caranya?

Yuk, intip beberapa tips berikut ini, ya!

1. Menyusun To Do List

Pada dasarnya, catatan kegiatan ini sebaiknya selalu kamu buat, karena catatan kegiatan ini bisa membantumu mengelola pekerjaan dengan efisien.

Kamu bisa menyusun ulang hal-hal yang akan dikerjakan, baik harian maupun mingguan. Buatlah catatan kegiatan dengan rapi dan berurutan mulai dari pekerjaan pertama hingga pekerjaan

2. Sahur dan Berbuka dengan Teratur

Selama bulan puasa, waktu istirahat dan makanmu berada antara waktu magrib hingga adzan subuh. Artinya, untuk menjaga kebugaran selama berpuasa, pastikan kamu sudah makan sahur dan berbuka secara teratur.

Apalagi bagi kamu yang memiliki rutinitas yang begitu padat seharian. Jangan sampai produktivitasmu menurun lantaran melewatkan makan sahur.

Begitu pun saat berbuka puasa, segerakan untuk berbuka. Jangan menunda sahur dan berbuka selama berpuasa, ya!

3. Jangan Tidur Setelah Sahur

Selama berpuasa, salah satu tantangan terberat adalah bangun sahur. Apalagi jika sebelumnya kamu tidur cukup larut dan masih harus menyiapkan makanan sahur.

Pasalnya, kurang tidur bisa membuat banyak orang merasa mengantuk saat sahur dan akhirnya tertidur. Posisi tidur atau berbaring seusai makan bisa mengganggu proses pencernaan.

4. Olahraga Ringan

Meskipun puasa, bukan berarti kamu jadi tidak berolahraga, ya! Sebab, berolahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Berolahraga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga mood tetap bahagia. Kedua hal tersebut sangat penting dalam menjaga produktivitas selama bekerja.

Kamu juga bisa berolahraga di sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Menyenangkan bukan?

5. Tidur Siang

Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk mengembalikan kebugaran dan konsentrasi.

Semua dampak positif tersebuh tentunya bisa membantumu untuk tetap produktif selama berpuasa. Namun, perlu diingat bahwa tidur siang secukupnya saja, ya!

Itulah beberapa tips produktif di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan. Jaga semangat dan kebugaran tubuhmu selama berpuasa ya Serapeeps! (Z)

 


Accessibility Toolbar