Tips Frugal Living ala Mahasiswa


UNSERA

Frugal living untuk mahasiswa? Emang bisa?

Bisa dong~

Apa itu frugal living?

  • Gaya hidup hemat secara mindful
  • Memprioritaskan kebutuhan urgent
  • Menghargai yang sudah dimiliki

Gimana sih cara implementasinya? Simak tips berikut ya!

1. Mulai Budgeting

Catat anggaran bulanan lewat excel, spreadsheet, atau aplikasi keuangan di ponsel. Track semua pengeluaran sehari-hari. Nanti kamu akan tahu bagian mana yang bisa dipotong agar bisa dialokasikan ke pos-pos yang lebih penting!~

2. Batasi Makan di Luar

Buat daftar belanja dan memasak sendiri adalah jalan ninja! Syukur-syukur bisa untuk bekal juga.

Selain mengasah keterampilan hidup, memasak sendiri akan jauuuuh lebih hemat dan saatnya say good bye kepada pajak restoran dari rumah makan.

3. Jangan Ngutang

Please, sekali pun jangan pernah coba-coba segala macam paylater, kecuali kamu bisa putar uangnya untuk balik modal (berlipat). Jangan memberatkan diri sendiri, lagipula kita masih mahasiswa, secukupnya saja.

4. Manfaatkan Promo

Akan sangat menguntungkan kalau kita rajin cari diskonan. Apalagi dengan senjata kartu mahasiswa, biasanya banyak potongan yang bisa dicoba. Mari serbu promo-promo yang worth it!

5. Cari Hiburan Gratis

Healing nggak perlu pusing! Mari kita ramaikan acara-acara kampus, konser musik gratis, kegiatan komunitas, dan masih banyak lainnya. Hitung-hitung rekreasi ke fakultas atau kampus lain sambil cari relasi. Btw, bisa juga kalau mau datang ke taman, alun-alun kota, atau perpustakaan!

6. Cari Penghasilan Tambahan

Kadang kiriman atau pemberian orang tua masih kurang, apalagi ketika masa kepanitiaan dan organisasi bersamaan butuh iuran. Kamu bisa coba daftar part-time atau freelance, ikut lomba, ikut proyek dosen, dan berbagai jalan menuju Roma lainnya~

7. Menabung

Usahakan tetap menyisihkan uang per-bulan untuk ditabung. Berapapun itu, kelak kamu akan bersyukur pernah melakukannya. Kembalian dari belanjaan atau fotocopy bisa langsung masuk tabungan juga. Jangan sepelekan recehan!

Sumber: Instagram.infolomba


Accessibility Toolbar