5 Tips  Jadi Mahasiswa Baru yang Produktif


UNSERA

Halo Serapeeps! 

Biasanya mahasiswa baru atau maba dituntut untuk menjadi produktif. Namun, alih-alih produktif, mahasiswa baru malah sering mengalami burnout. Gimana sih caranya agar bisa produktif tanpa stress? Berikut ini adalah tips menjadi mahasiswa produktif dengan tetap memperhatikan skala prioritas kamu. Check this out!

  1. Ikuti Kegiatan Kampus/Luar Kampus

Kegiatan kampus tidak melulu harus organisasi nih, tapi kamu bisa juga mengikuti perlombaan, Volunteer, atau pelatihan untuk menambah pengalaman yang nantinya akan berguna di dunia kerja.

  1. Mengatur Waktu Istirahat

Kurang istirahat akan mempengaruhi konsentrasi belajar dan efektivitas kegiatan saat mengikuti perkuliahan. Jadi, mengatur waktu istirahat sangat penting nih, jangan sampai terlalu memforsir kegiatan dan mengabaikan waktu istirahat, ya!

  1. Manajemen Waktu

Mahasiswa baru biasanya masih beradaptasi di antara kesibukan yang semakin padat, mulai dari perkuliahan, tugas, organisasi, dan lain-lain. Untuk itu manajemen waktu sangat penting untuk menjadikan kegiatanmu menjadi terorganisir.

  1. Membuat To-Do-List

To-do-list berfungsi untuk mengatur jadwal agar tidak berbenturan satu sama lain. Jadwal yang terstruktur akan memudahkan dalam mencapai target kita dalam sehari. 

  1. Merencanakan Waktu Pengerjaan Tugas

Tips ini tidak kalah pentingnya, karena sebagai mahasiswa, tugas utama kita adalah belajar. Sehingga mahasiswa produktif harus bisa memilah tugas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu sesuai prioritasnya masing-masing. Hal tersebut melatih kita agar tidak menjadi kaum deadliner. Ingat guys, gunakan waktu sebaik-baiknya, agar bisa mencapai hasil yang maksimal.


Accessibility Toolbar