Perjalanan Karier Dr. Abdul Malik, Dari Wartawan Sampai Jadi Rektor Unsera


UNSERA

Dr. H. Abdul Malik, M. Si baru saja dilantik menjadi Rektor Unsera masa bakti 2023-2028 pada 13 September 2023 lalu. Siapa sangka, Abdul Malik merupakan sosok yang pernah bergelut di bidang jurnalistik.

“Setelah lulus kuliah, saya hanya punya satu mimpi, yaitu menjadi Jurnalis,” tuturnya di atas panggung RCH Unsera saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dirinya.

Mimpinya terwujud. Setelah lulus sebagai sarjana dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Abdul Malik memulai karier sebagai wartawan pada tahun 1998 di Radar Bogor. Dua tahun setelah menjadi wartawan, ia kembali ke Banten, tanah kelahirannya untuk mendirikan perusahaan media bernama Harian Banten, yang kemudian kini menjadi Radar Banten. Ini menunjukkan kontribusinya yang kuat dalam dunia jurnalistik.

Selama menjadi wartawan, Abdul Malik juga aktif mengajar sebagai Dosen di kampus negeri dan swasta yang berada di Banten pada tahun 2005, yaitu di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan STIKOM Wangsa Jaya Banten.

Dedikasinya pada dunia Pendidikan sangatlah besar, sehingga pada tahun 2010 Abdul Malik memutuskan untuk pensiun dari dunia jurnalistik dan bergabung dengan Universitas Serang Raya (Unsera). Di sini, ia menjadi Dosen Ilmu Komunikasi dan kemudian menjabat sebagai Ketua Program Studi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Hukum (FISIPKUM) hingga tahun 2011.

Menunjukkan komitmennya dalam pengembangan pendidikan tinggi, dari tahun 2011 hingga 2018 Abdul Malik menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Hukum (FISIPKUM) di Unsera.

Pada tahun 2018-2023, ia dipercaya menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Inovasi di Unsera, yang menunjukkan kemampuannya dalam mengelola aspek akademik universitas.

Hingga pada 13 September 2023, Abdul Malik resmi dilantik menjadi Rektor Unsera untuk periode 2023-2028. Terpilihnya Abdul Malik sebagai Rektor merupakan pengakuan atas kontribusinya dalam dunia pendidikan, pengalaman akademik yang luas, serta reputasi yang baik dalam dunia pendidikan tinggi.

Sebagai Rektor Unsera yang baru, Abdul Malik berkomitmen untuk mengembangkan Unsera menjadi universitas yang unggul, bereputasi, dan berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan bangsa.