Strategi Bisnis dan Marketing Brilian Ala Taylor Swift


UNSERA

Taylor Swift, nama yang tidak asing lagi bagi pecinta musik di seluruh dunia. Selain menjadi salah satu artis pop terkenal, penyanyi sekaligus pencipta lagu kelahiran Pennsylvania, 13 Desember 1989 ini juga merupakan artis dengan bayaran termahal dengan total kekayaan sekitar USD 570 juta atau sekitar Rp 8,53 triliun. Wow! Tak hanya itu, ia juga mampu mengantongi Grammy Awards, penghargaan paling bergengsi di industri musik.

Kunci kesuksesan Taylor Swift ternyata tidak hanya terletak pada lagu-lagunya yang catchy. Ia punya berbagai strategi bisnis sekaligus inovasi marketing brilian yang membuatnya makin unggul di kancah musik, sehingga orang-orang menyebutnya sebagai seorang marketer yang jenius. Seperti apa strategi bisnis dan pemasaran Taylor Swift?

Kepahaman tentang Audiens

Taylor Swift secara konsisten berinteraksi dengan penggemarnya melalui media sosial dan pertemuan langsung untuk membangun bonding yang kuat agar dapat memahami dan menggali informasi tentang preferensi kebutuhan para penggemarnya.

Pemasaran Pribadi

Selain sering berinteraksi langsung dengan penggemar melalui media sosial, mengomentari, dan membalas pesan mereka, ia juga terkenal sering mengirim kado-kado pribadi kepada penggemarnya. Melalui hal-hal seperti itulah Swift mendapatkan loyalitas penggemar.

Kampanye Pemasaran Kreatif

Taylor Swift telah menciptakan beberapa kampanye pemasaran yang sangat sukses. Misalnya, ia sering mengungkapkan petunjuk-petunjuk misterius tentang album baru melalui media sosial dan teaser-teaser, menciptakan rasa keingintahuan yang besar di antara penggemar. Taylor juga memanfaatkan kemitraan merek yang cerdas, seperti kolaborasi dengan Diet Coke, CoverGirl, dan Apple Music. Dia memanfaatkan platform-platform ini untuk mempromosikan musiknya dan mencapai audiens yang lebih luas.

Manajemen Merek yang Kuat

Taylor Swift sangat sadar akan citra mereknya dan cara mempertahankannya. Ia memiliki kontrol yang kuat atas citra dan identitasnya. Taylor juga berusaha untuk tetap autentik dan konsisten dalam apa pun yang dilakukan. Ini memberikan kesan yang positif kepada penggemar dan membuat mereka merasa terhubung dengan nilai-nilai yang diwakili oleh merek Taylor Swift.

Tertarik ingin jadi sosok yang jago marketing juga seperti Taylor Swift? Kamu bisa memulainya dengan bergabung bersama Jurusan Bisnis Digital Universitas Serang Raya. Dengan begitu, kamu jadi selangkah lebih dekat untuk menjadi marketer yang andal! Yuk, wujudkan mimpimu bersama UNSERA!


Accessibility Toolbar