Prodi Ilmu Komunikasi UNSERA Gelar Workshop Riset Sosial Berbasis Big Data


UNSERA

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya (UNSERA) menggelar workshop terkait riset sosial berbasis big data, pada Kamis, (12/10/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada kajian baru dalam ranah sosial yang berbasis digital atau internet seperti big data.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium UNSERA ini berlangsung dari pukul 08.00-16.00 WIB. Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Catur Suratnoaji, M.Si yang merupakan Dekan FISIP UPN Surabaya sekaligus Penulis buku ‘Metode Riset Sosial Berbasis Big Data’ sebagai narasumber.

Turut hadir Rektor Unsera Dr.H. Abdul Malik, M.Si, dalam sambutannya menyatakan bahwa pengaplikasian big data dalam ranah sosial dinilai penting untuk bisa berjalan beriringan.

“Big data identik dengan ilmu IT, tapi juga bisa dipakai dalam ranah ilmu sosial. Untuk itu perlu adanya kajian terkait big data dan ilmu sosial, agar big data tidak hanya dapat diakses oleh bidang tertentu saja, tetapi juga bidang lainnya, salah satunya adalah bidang ilmu sosial,” tuturnya.

“Pak Catur salah satu yang menginisiasi kajian big data di bidang ilmu sosial. Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki tentunya akan membuka wawasan baru bagi mahasiswa terkait dengan apa itu big data dan pengaplikasiannya,” imbuhnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Dr. Catur menyampaikan beberapa materi mencakup peluang, tantangan dan paradigma riset big data, metode riset kuantitatif berbasis big data (Multi-Level Analyst), pengenalan software NodeXL dan teknik import data media sosial berbasis NodeXL, serta teknik analyst data media sosial dan pembuatan laporan riset big data.

“biarpun ini (workshop) lama ya durasinya dari pagi sampai sore, tapi ilmu yang dikasih sama pak Catur sebagai narasumber bener-bener mahal, berbobot banget. Dengan big data analitik kita bisa membuat penelitian dengan metode kuantitatif dengan lebih variasi, bisa monitorin sosial media secara detail tanpa harus melakukan survei secara langsung. Ternyata caranya gak susah, karena pak Catur tadi baik banget mau ngarahin kita semua,” ujar Dendha, salah satu peserta Workshop.

Big data sudah menjadi mata kuliah bagi prodi Ilmu Komunikasi UNSERA , untuk itu diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan mahasiswa dalam menganalisis dan memahami fenomena sosial dengan mengaplikasikan big data di dalamnya.