Mahasiswa Teknik Kimia UNSERA Kunjungi PT. Lotte Chemical Titan Nusantara


UNSERA

Mahasiswa program studi Teknik Kimia Universitas Serang Raya (UNSERA) melaksanakan kunjungan industri ke PT. Lotte Chemical Titan Nusantara pada selasa (23/7/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Proses Industri Kimia yang bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai proses pengolahan bahan mentah menjadi produk pada industri kimia.

Bertema “Enhance understanding of chemical industrial processes by participating in industrial visits.” kunjungan ini diikuti oleh 2 dosen dan 40 mahasiswa Teknik Kimia. Kegiatan dibuka oleh Ibu Rifka Rifdania, selaku HRD PT. Lotte Chemical Titan Nusantara.

Acara diawali dengan Safety Induction yang disampaikan oleh Bapak Febryan Harmansyah, Senior Technical Service Engineer. Selanjutnya, Bapak Akhmad Ghozali, Production Engineer, menjelaskan tentang profil perusahaan dan proses produksi, serta mengadakan sesi tanya jawab mengenai pembuatan biji plastik.

Para mahasiswa kemudian berkeliling pabrik untuk melihat langsung proses produksi. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session yang dihadiri oleh Bapak Fauzan Saifuddin, Service and Support General Manager dan tenaga pengajar di prodi Teknik Kimia UNSERA, serta Ibu Diah Mentari, alumni Teknik Kimia UNSERA.

Dalam sesi tersebut, Pak Fauzan menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa Teknik Kimia adalah sebuah privilege. “Selain belajar tentang reaksi kimia, neraca massa, dan neraca energi, Anda juga mempelajari manajemen dan ekonomi. Seorang lulusan Teknik Kimia harus open-minded karena bisa berkarir di mana saja. Namun, jangan hanya belajar di kampus, mahasiswa juga harus mengikuti sertifikasi kompetensi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris,” ujarnya.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan dan sesi dokumentasi. Kunjungan industri ini diharapkan dapat memperkaya wawasan mahasiswa Teknik Kimia UNSERA dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang sesungguhnya. (H)


Accessibility Toolbar