Program Pendidikan Vokasi Unsera  Kunjungi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten Guna Mengikuti Edukasi Keuangan dan Perbankan


UNSERA

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten mengundang lima Universitas Swasta di Banten untuk mengikuti kunjungan belajar, salah satunya adalah Universitas Serang Raya (UNSERA), pada Senin (22/7/24). Program kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam kepada mahasiswa mengenai perbankan dan sistem keuangan di Indonesia.

Direktur Vokasi UNSERA, Erlina Gentari, mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas edukasi yang diberikan.

“Kami sangat menghargai kesempatan ini, dimana mahasiswa dapat belajar langsung mengenai sistem keuangan dan perbankan di Indonesia,” ujar Erlina.

Agus Sumirat selaku Kepala Tim Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA), KPw Bank Indonesia Provinsi Banten menekankan pentingnya mahasiswa dalam mengelola uang, terutama dalam transaksi e-wallet. Menurutnya, mahasiswa menjadi ujung tombak dalam keuangan digitalisasi. Bank Indonesia juga memberikan edukasi kepada berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK, SMP, SMK, hingga perguruan tinggi.

Dalam program ini, berbagai fungsi Bank Indonesia dijelaskan, termasuk menjaga kestabilan keuangan, menjadi sentral sistem pembayaran, dan pengedaran uang ke seluruh bank di Indonesia. Materi yang disampaikan oleh bagian Kehumasan mencakup pengenalan uang rupiah, baik dari desain, makna, hingga cara menjaga uang agar tidak rusak.

“Uang tidak boleh dicoret, dilipat, diremas, atau dibasahi,” jelas tim Kehumasan, dengan menambahkan tagline “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan penjelasan tentang sistem pembayaran QRIS, jenis-jenis QRIS, dan peran Bank Indonesia dalam sertifikasi halal. Program “Gemari Pahala” atau Gerakan Masyarakat Sadar Inflasi dan Pasar Halal juga diperkenalkan. Eksyar Bank Indonesia mendorong dan membantu UMKM yang belum bersertifikat halal untuk mendapatkan sertifikasi.

Dinda, salah satu mahasiswa vokasi memberikan kesannya terhadap kunjungan ini.

“Acara company visit ke BI hari ini seru banget! Terima kasih untuk Fakultas Vokasi yang sudah mengadakan agenda ini. Senang banget bisa dapat ilmu baru langsung dari para pegawai Bank Indonesia. Pematerinya asik dan tidak bikin ngantuk. Materi yang disampaikan juga lengkap, benar-benar menambah pengetahuan tentang bank sentral dan keuangan. Secara keseluruhan, saya sangat puas dan senang bisa berkunjung ke kantor Bank Indonesia,” ujarnya.

Bank Indonesia juga menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung program ini sebagai bentuk komitmen dalam memajukan ekonomi syariah dan mendukung UMKM.

Program kunjungan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa UNSERA dan memberikan inspirasi untuk berperan aktif dalam dunia keuangan digital di masa depan. (Z)