Fakultas Teknik Unsera Kolaborasi Dengan PT. LabMania Indonesia Jaya Gelar In-House Training, Dorong Peningkatan Kapasitas Manajemen Laboratorium


UNSERA

Fakultas Teknik Universitas Serang Raya (Unsera) sukses mengadakan In-House Training pada tanggal 22 Juli 2024 yang bertempat di Laboratorium Manajemen Industri. Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknik Unsera dengan PT. LabMania Indonesia Jaya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam teknik penyusunan standar operasional prosedur (SOP) dan IK (Instruksi Kerja) pada laboratorium sesuai standar internasional. In House Training ini diikuti oleh Kepala Program Studi, Sekretaris Program Studi, Dosen, Kepala Laboratorium, Laboran, Staf, dan Asisten Laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Unsera. Pelatihan internal ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada peserta agar mereka lebih mampu meningkatkan kualitas pengelolaan laboratorium menuju laboratorium terakreditasi.

Dekan Fakultas Teknik, Wahyu Oktri Widyarto, S.T., MT, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari In-House Training, “In-House Training ini penting sebagai langkah awal meningkatkan kualitas manajemen laboratorium. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk memudahkan persiapan akreditasi dan sertifikasi laboratorium. Karena diharapkan laboratorium ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk mahasiswa di Unsera sebagai praktikum namun juga bisa bermanfaat untuk masyarakat dan industri.”

In-House Training ini melibatkan pemateri yang ahli dalam bidang Sistem Manajemen Laboratorium dan Medik, yaitu Ivan Sarifudin, S.T, selaku direktur utama PT. LabMania Indonesia Jaya.

“Penyusunan SOP laboratorium sering kali berbeda karena masih banyak yang membuat SOP dengan kalimat ambigu, tidak sesuai, dan dokumen yang tidak mutakhir. Oleh karena itu, materi harus dilanjutkan dengan pemahaman tentang sistem manajemen dokumen laboratorium.” Jelas Ivan saat menyampaikan materi.

Partisipasi staf dan jajaran di Fakultas Teknik diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola laboratorium. Selain itu, peningkatan kompetensi pengelola laboratorium menjadi sumber daya yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan proses akademik. Dengan begitu, In-House Training ini dapat memberikan dampak positif dalam pemberdayaan laboratorium sebagai garda terdepan dalam mendukung peningkatan kompetensi akademik di Universitas Serang Raya.