UNSERA Gelar Uji Kompetensi untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi


UNSERA

Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, Universitas Serang Raya (UNSERA) mengadakan sertifikasi uji kompetensi bagi mahasiswa program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Marketing Komunikasi, Public Relation, Broadcasting & Jurnalistik pada Kamis (20/7/2023). Uji kompetensi ini mencakup bidang-bidang seperti skema digital marketing, skema public relations officer, dan skema pengelolaan media jurnalistik siaran.

Sebelum melakukan asesmen, para peserta mengikuti pelatihan untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai asesi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta telah menguasai kompetensinya melalui pembelajaran di kelas, praktik, dan pelatihan, serta mampu menjelaskan dengan baik di hadapan asesor.

Sertifikasi uji kompetensi diikuti oleh 72 peserta dari program studi Ilmu Komunikasi yang dilaksanakan di Gedung A Universitas Serang Raya. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 18 Juli 2023 dengan pelatihan, dan diakhiri dengan asesmen pada tanggal 20 Juli 2023, kegiatan ini terdiri dari 30 mahasiswa dari konsentrasi Marketing Komunikasi dan 42 mahasiswa dari konsentrasi Public Relation. Pada kegiatan ini terdapat 2 skema kompetensi yang diujikan. Ke- 2 skema kompetensi tersebut adalah skema digital marketing untuk mahasiswa konsentrasi marketing komunikasi oleh LSP (Lembaga sertifikasi profesi) Bisnis Pemasaran serta skema public relation officer untuk mahasiswa konsentrasi public relation oleh LSP Public Relation Nusantara.

Sementara itu, peserta dengan konsentrasi Broadcasting & Jurnalistik mengikuti proses uji kompetensi di Universitas Islam Bandung bersama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Unisba (LSPU). Materi yang diujikan pada peserta Broadcasting & Jurnalistik terdiri dari 5 materi, antara lain fotografi, program televisi, presenter, siaran radio, dan multimedia.