Arifina Febriasari, Dosen Teknik Kimia Unsera Raih Gelar Doktor dengan IPK 4 di UI


UNSERA

Universitas Serang Raya menambah seorang doktor lagi. Kali ini, Dosen Program Studi Teknik Kimia, Dr. Arifina Febriasari, S.Si., M.Sc., berhasil menyandang gelar Doktor dalam bidang ilmu Teknik Kimia di Universitas Indonesia dengan IPK 4 setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Promosi Doktor di Universitas Indonesia, Selasa (18/7).

Ujian Terbuka dipimpin oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., sebagai Dekan Fakultas Teknik UI dan tim penguji, yaitu Prof. Sutrasno Kartohardjono, PhD., sebagai Promotor; Dr. Ir. Meri Suhartini, M.Si., sebagai Ko-Promotor, Prof.Dr.Ir. Nelson Saksono, MT.; Dr. Ir. Yuliusman, M.Eng.; Dr. Eva Fathul Karamah, S.T., M.T.; Prof Dr. Yenny Meliana, M.Si.

Disertasinya yang berjudul Pencangkokan Polietilen Glikol Metil Eter Akrilat (PEGMEA) Secara Radiasi Pada Selulosa Asetat Untuk Membran Pemisah Gas CO₂ dan CH4, Arifina berfokus pada membran berbasis polimer yang disintesis dengan radiasi sinar gama yang aplikasinya untuk pemisahan gas CO₂.

“Gas alam mengandung CO₂, terutama di Kepulauan Natuna, kandungan CO₂ pada gas alamnya mencapai 70% yang akan menyebabkan korosi di perpipaan, pencemaran lingkungan, serta climate change. Selain itu, CO₂ pada gas alam akan menyebabkan berkurangnya kandungan kalor gas, sehingga energi yang dihasilkan berkurang,” jelasnya.

Penelitian dalam disertasinya ini akan di scale up ke skala industri yang nantinya membrannya sendiri akan digunakan pada perusahaan penghasil gas alam bertekanan rendah.

Lulus dengan hasil memuaskan, Arifina memberikan pesan khususnya pada mahasiswa mengenai pentingnya manajemen waktu dan manajemen prioritas saat mengerjakan penelitian.

“Manajemen waktu harus dibarengi dengan manajemen prioritas. Harus punya target kapan mau lulus, mau lulus seperti apa, dan mau mengenyampingkan hal-hal yang kurang urgent,” ujarnya.

Penulisan disertasi yang memakan waktu selama 4 tahun ini menjadi pencapaian yang membanggakan banyak pihak, khususnya bagi Universitas Serang Raya.

Dengan bertambahnya jumlah Doktor, diharapkan pula semakin banyak karya ilmiah dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan Unsera, di antaranya jurnal internasional serta jurnal nasional terakreditasi, juga semakin baik dan mendalam dalam memberikan ilmu kepada mahasiswanya.