Tim Unsera Lolos Pendanaan PKM-KC Ditjen Dikti 2023


UNSERA

Sebanyak 3 Mahasiswa Unsera Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri yang tergabung dalam tim berhasil lolos seleksi pada Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kategori Karsa Cipta (KC) Tahun 2023.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang bergensi tahunan bagi mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemendikbudristek untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri. Sehingga melalui PKM ini dapat mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, dan berdaya saing tinggi.

Tim PKM yang beranggotakan 3 mahasiswa tersebut, yaitu Dzulkifli, Mahasiswa Teknik Industri Semester 6, Mikhael Fernand Sinaga, Mahasiswa Teknik Industri Semester 4, dan Sion Ira Cahyati, Mahasiswa Teknik Industri Semester 6.

Pada kategori PKM-KC, tim yang diketuai oleh Dzulkifli di bawah bimbingan Sahrupi, ST., MT, mengusung judul “Alat Sirkulasi Air Berbasis Sensor Cahaya untuk Media Tanam Hidroponik” dengan pendanaan sebesar 6 juta rupiah.

Ketiganya mengatakan bahwa motivasi mengikuti PKM ingin mendapatkan pengalaman dan pembelajaran di luar kampus serta bisa membawa nama Unsera ke tingkat nasional.

Dengan kerja sama tim yang kompak dan pembimbing yang mengarahkan, penyusunan proposal PKM-KC selesai dalam waktu 2 minggu.

Tim PKM-KC juga memberikan tips agar proposal PKM yang diajukan bisa lolos pendanaan.

“Pembuatan proposal harus benar-benar mengikuti sesuai dengan pedoman yang diberikan panitia” Ujar Mikhael.

“Perhatikan font dan halaman proposal. Pastikan sesuai dengan pedoman yang diberikan” tambah Sion.

“Ikuti sistematika penulisan yang diberikan panitia. Karena penilaian tahap pertama yaitu tata tulis proposal. Sebagus apapun alat tersebut tetapi tata tulisnya ada yang tidak sesuai, maka proposal itu tidak lolos.” Imbuh Dzulkifli.

Setelah lolos pendanaan, ketiganya berharap proposal yang diusung bisa lolos hingga ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan PKM dan bisa menyabet medali juara PIMNAS 2023.