info@unsera.ac.id (0254)8235007 Fax (0254)8235008

Unsera; Kampus Berstandar Internasional dengan Segudang Prestasi


(Sumber: Biem)

Meski saat ini kita menghadapi pandemi Covid-19, tentunya keinginan kalian untuk terus kuliah tetapi tinggi dong. Nah, kali ini biem mau mengenalkan salah satu kampus swasta keren yang ada di Banten, yaitu Universitas Serang Raya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Unsera.

Sebelum berubah status, dulu nama kampus keren ini adalah STIE/STMIK Serang. Pada 2008 lah kampus yang bernaung di YPI Serang ini secara resmi menjadi unversitas dan kini ada di deretan 15 universitas (negeri/swasta) yang ada di Banten.

(Ilustrasi: biem.co).

Dengan visi menjadi universitas yang kompetitif di tingkat global, berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan iman dan takwa, sampai saat ini Unsera terus mengarah pada perguruan tinggi berstandar nasional, mulai dari kurikulum dari setiap program pendidikan, jumlah dosen, keadaan mahasiswa, koordinasi pelaksanaan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan serta kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Sobat biem, dengan pengalaman 25 tahun menyelenggarakan pendidikan, tentunya Unsera adalah kampus yang sudah matang baik secara pengalaman, organisasi maupun manajemen.

Hal terpenting lainnya adalah baik gedung maupun fasilitas lain, termasuk kerja sama luar negeri, kurikulum dan lulusan telah berstandar global internasional. Hal ini patut kalian jadikan referensi dalam memilih kampus.

Jenis-jenis perguruan tinggi

Sekarang, yuk, kita kenali fakultas atau program studi (prodi) yang ada di Unsera. Di kampus yang ber-almamater orange ini, ada sekitar tujuh fakultas dan enam belas program studi, jadi Sobat biem punya banyak pilihan disesuaikan dengan passion kalian.

Berminat kerja di industri berat? Kerja kantoran, ahli hukum atau bahkan ingin jadi ahli IT? Semua jurusan ada di Unsera. Keren kan?!

FAKULTASPROGRAM STUDIJENJANG
TEKNIK1Teknik IndustriS1
2Teknik KimiaS1
3Teknik SipilS1
HUKUM1HukumS1
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN1Pendi. MatematikaS1
EKONOMI DAN BISNIS1ManajemenS1
2AkuntansiS1
TEKNOLOGI INFORMASI1InformatikaS1
2Rekayasa Sistem KomputerS1
3Sistem InformasiS1
ILMU SOSIAL DAN POLITIK1Ilmu KomunikasiS1
2Administrasi PublikS1
PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI D31AkuntansiD3
2Komputerisasi AkuntansiD3
3Keuangan dan PerbankanD3
4Manajemen PerusahaanD3

Bagaimana dengan Fasilitasnya?

Sobat biem jangan khawatir, setelah menempati gedung baru di seberang Taman Kopasus, fasilitas belajarnya semakin lengkap. Setiap fakultas memiliki lab/ruang praktik sendiri. Selain itu ada juga fasilitas umum yang bisa dinikmati seluruh mahasiswa dan pegawai di sana. Apa saja? Berikut rinciannya.

Fasilitas belajar di Unsera

For Your Info, sarana prasarana tersebut wajib diadakan oleh pihak kampus sesuai dengan peraturan menteri pendidikan lho. Sobat biem tentunya ingin kuliah dengan fasilitas kampus yang lengkap, terlebih kewajiban itu untuk menjamin pemenuhan capaian pembelajaran (CP) lulusan.

  • Gedung Utama Unsera
  • Gedung C Unsera
  • Convention Hall
  • UCC (Unsera Command Center)
  • Ruang Kelas
  • Praktik Rekayasa Sistem Komputer
  • Perpustakaan Unsera
  • Pelayanan Akademik
  • Mart & Bookstore
  • Lapangan Futsal
  • Laboratorium Teknik Kimia
  • Laboratorium Teknik Industri
  • Laboratorium Komunikasi FISIP (Fakultas Ilmu Sosial Politik)
  • Laboratorium Komputer
  • Free Internet
  • BI Corner

Lantas Bagaimana lulusan Unsera? Kerja dimana saja?

Saat Sobat biem memutuskan untuk kuliah, tentunya ada keinginan untuk bisa bekerja di tempat yang lebih baik dengan pendapatan yang tinggi. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh faktor pendidikan, semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, peluang untuk mendapatkan jabatan di dunia kerja lebih terbuka lebar.

Sampai saat ini, Unsera telah meluluskan sekitar 7400 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan ada di mancanegara. 96% lulusannya sudah memiiki pekerjaan, baik itu sebagai pegawai swasta, PNS, guru, maupun wiraswasta.

Grafik lulusan Unsera

Keunggulan lainnya nih, 2020 ini banyak mahasiswa Unsera yang diterima magang bersertifikat di perusahaan nasional. Tercatat ada sekitar 24 empat mahasiswa dan tersebar di 8 perusahaan, yaitu PT Adhi Karya Tbk, PT Virama Karya Tbk, PT Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Perum LPPNPI/Air Nav, PT Timah Tbk, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kesemuanya itu diterima melalui seleksi matchup perguruan tinggi lho. Kalau sudah magang bersertifikat, tentunya peluang bekerjanya lebih besar.

Ingin merasakan kuliah di kampus Luar Negeri? Di Unsera, bisa!

Ini bukan isapan jempol belaka lho sobat biem. Buktinya Unsera telah menjalin kerja sama dengan beberapa kampus di luar negeri.

Dari program kerja sama itu, mahasiswa Unsera bisa merasakan belajar di Malaysia atau Thailand. Nah, ada beberapa jalur untuk bisa mendapatkannya, diantaranya melalui program beasiswa S2 atau S3, Short Course, Student Mobility Programme, dan atau Interculture Camp. Berikut daftar kerjasama antara Unsera dan Kampus Luar Negeri.

NONAMA PERGURUAN TINGGIPROGRAM KERJASAMA
1Khon Kaen University (KKU), ThailandBeasiswa Full Study Program S2/S3
Student Mobility Programme (Pertukaran Mahasiswa)
2Universitas Malaya, MalaysiaTransfer Kredit Mata Kuliah (2 Semester)
3a.       Khon Kaen University (KKU), Thailand
b.       Universiti Malaya, Malaysia
c.       Universiti Sains Islam Mayasia
Student Mobility Programme (Pertukaran Mahasiswa), Staff / academic exchange program, Joint research, Academic Information exchange
4Universiti Kebangsaan MalaysiaStudent Mobility Programme (Pertukaran Mahasiswa)
5SunMoon University, South KoreaStudent Mobility Programme (Pertukaran Mahasiswa), Join Research
6Institut Kemahiran Industri MalaysiaStudent Mobility Programme (Pertukaran Mahasiswa), Join Research
7Korean IT Vollunter (Non Kampus)Interculture Camp

Banyak kisah seru selama program itu dilaksanakan, hal itu dirasakan oleh Mariana Irwanti Lestari, Mahasiswi unsera yang pernah mengikuti program pertukaran mahasiswa di University Sains Islam Malaysia (USIM) pada 2017, menurutnya di sana ia belajar banyak mengenai proses pembelajaran maupun budaya Malaysia.

“Di sana kita dikenalkan dengan kawasan kampus yang luas banget, ikut proses KBM dan dihari terakhir, kami di ajak trip ke Petronas Tower, Masjid Putar Jaya,” tuturnya sambil mengenang pengalamannya.

Hal senada juga diungkapkan Muhammad Abi Dunya, ia menemukan perbedaan mengenai proses perkuliahan di USIM dengan di Indonesia, mahasiswa semester akhir ini merasakan manfaat yang besar setelah mengikuti pertukaran mahasiswa tersebut.

“Saya bisa bertemu dengan mahasiswa berbagai negara, budaya dan pengalaman baru. Pokoknya program tersebut sangat berharga untuk perkembangan diri. Semangat!” ujarnya dengan semangat.

Menurut Imam Fauzi, M.Pd selaku Kepala Bagian Hubungan Internasional Unsera, kerjasama tersebut mulai berjalan sejak 2011 silam, sampai saat ini sudah berjalan sekitar 6 kali.

“Alhamdulillah, Unsera bisa ikut melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi bidang hubungan internasional. Saat ini, kami juga sedang menjajaki kerjasama dengan Jawaharlal Nehru University, India,” terangnya.

  • Pertukaran Mahasiswa
  • Pertukaran Mahasiswa
  • MoU Universiti Kebangsaan Malaysia
  • MoU Universitas Sains Islam Malaysia
  • MoU Universitas of Malaya
  • MoU Universitas Kon Khaen
  • Internasional Marathon
  • Pertukaran Mahasiswa
  • Pertukaran Mahasiswa

Untuk mahasiswa yang mau ikut program tersebut, mesti lolos beberapa tahap nih, diantaranya mampu berbahasa inggris, dapat rekomendasi dekan dan interview.

Bagaimana Sobat biem, asyik kan? Yuk buruan jadi bagian dari Unsera, dan raih kesempatan merasakan belajar di luar negeri. Daftarkan diri kalian di sini. (

Informasi Halaman