UNSERA Jadi Tuan Rumah UTBK


Image Not Uploaded Yet

Universitas Serang Raya menjadi salah satu tempat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dimulai pada Minggu, 05 Juli 2020. Sedangkan di Banten sendiri, ada 5 Universitas yang menjadi pusat pelaksanaan UTBK atau lokasi tes, yaitu UNSERA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Binus. Di luar itu, kampus-kampus juga bekerja sama dengan sekolah lain sebagai mitra lokasi UTBK.

UTBK SBMPTN Tahun ini terasa berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dan digelar dalam dua sesi per harinya. Sesi pertama dilakukan pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi kedua pukul 14.00-16.15 WIB. Di UNSERAsendiri pelaksanaan ujian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi UNSERA Dr. H. Abdul Malik, M.Si mengatakan, pihaknya bangga bisa membantu pemerintah dalam penyelenggaraan UTBK. Selain itu juga perguruan tinggi swasta di Serang yang mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan UTBK SBMPTN.

“Kami mempersiapkan segala sesuatunya supaya pelaksanaannya itu sesuai protokol kesehatan. Seperti penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer,” ujarnya.

Beliau mengatakan, pihaknya menyediakan empat ruangan laboratorium komputer untuk peserta UTBK. Di dalam ruangan tersebut tidak digunakan secara penuh hanya untuk 20 peserta dan jaga jarak.

“Jadi yang digunakan hanya 50 persen dari kapasitas ruangan. Kami berharap peserta yang mengikuti UTBK SMPTN bisa diterima di perguruan tinggi negeri, namun kalau kesempatan belum ada maka Unsera siap menjadi pilihan utama setelah negeri,” tuturnya

Untuk memperhatikan protokol kesehatan, UNSERA memiliki tata cara teknis sebagai berikut:
1. Peserta UTBK mengantri di luar kampus dengan memperhatikan Physical Distancing;
2. Peserta melalui pengecekan suhu;
3. Peserta mengisi daftar hadir;
4. Peserta mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer yang telah digunakan;
5. Peserta scan barcode untuk mengisi screening kesehatan;
6. Peserta Memasuki Laboratorium untuk mengikuti UTBK.

Bukan hanya itu, UNSERA juga membagikan masker dan surat cinta secara gratis kepada peserta UTBK.