UNSERA Adakan Webinar Series and Online Workshop dengan Total Peserta Sebanyak 445 Orang

Serang – 18 Juli 2020. Universitas Serang Raya telah melangsungkan webinar melalui zoom pada Rabu (08/07/2020) lalu dari pukul 10.00 – 12.00 WIB bertempat di ruangan UCC. Acara webinar ini membahas mengenai Academic English For Publication yang dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Serang Raya, Koordinator Media Kepala Unsera Command Center dan seluruh pegawai UPT Laboratorium dan Pusat Bahasa Unsera. Adapun pemateri online dalam webinar ini adalah Arnis Silvia, M.Pd.

Dengan mengusung tema English Writing for Academic Purpose, webinar ini dihadiri oleh peserta sebanyak 445 orang yang berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, bahkan Australia. Peserta yang hadir begitu antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Arnis selaku pemateri. Pertanyaan yang diajukan peserta, mayoritas membahas mengenai panduan menulis jurnal ilmiah untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

“Bagaimana mencari novelty dan research gap pada saat menulis artikel jurnal?” tulis Giyatmi selaku peserta dalam rekaman chat group zoom.

Pertanyaan serupa mengenai jurnal juga diajukan oleh peserta lain. Jawaban yang diuraikan oleh Arnis selalu sistematis sehingga membuat peserta mudah paham.

Diskusi pada group chat zoom juga dilakukan, salah satunya membagikan pengalaman dalam kepenulisan jurnal ilmiah.

“Just sharing pengalaman saya sebagai editor jurnal, beberapa author menuliskan draft artikel jurnalnya dalam bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris menggunakan Google Translate. Akibatnya, bahasanya jadi kacau,” tulis Shafa Firda Nila selaku peserta dalam rekaman chat group zoom.

Di akhir acara, peserta merasa begitu puas mengikuti webinar ini. Bahkan, mayoritas dari mereka meminta bahwa video rekaman webinar dan link materi dibagikan secara publik.

“Pematerinya luar biasa. Penjelasan sangat runut dan jelas. Mohon webinar ini di-share di Youtube,” tulis Diana Purwati.